Sudah sering kali kami melakukan pengetesan pada Honda Mobilio. Mulai dari tipe termahal hingga termurah di Indonesia. Jika Anda perhatikan Mobilio memiliki desain yang elegan untuk sebuah Low MPV.
Namun sungguh mengejutkan ketika PT Honda Prospect Motor (HPM) mengeluarkan Mobilio tipe RS yang mengusung konsep sport harian. Bagaimana kolaborasi antara unsur elegan dengan sporty yang ditampilkan Mobilio RS ini? Dan yang terpenting lagi apakah menjawab kebutuhan para pengguna Low MPV saat ini?
Cukup banyak perubahan yang dilakukan HPM untuk mengedepankan sisi kejantanan dari Mobilo RS. Mulai dari tampilan depan melalui pengunaan gril yang memiliki kisi-kisi bak sarang tawon nampak jelas terlihat.
Tidak luput projector headlamp pun disematkan yang lengkap dengan lampu DRL yang menjadi kesatuan dalam peletakannya. Pada foglamp memang tidak terlihat perubahannya, tetapi pada tipe RS, foglamp menggunakan frame membesar yang tampil sporty.
Otot-otot pada bumper dan spoiler diberikan agar tampilan Mobilio RS ini terlihat lebih tangguh dibandingkan versi E CVT Prestige. Kami pun harus mengakui Honda cukup berhasil menghadirkan kesan sporty pada Mobilio.
Perubahan tidak hanya sampai disitu, ketika memasuki ruang kabin aura sporty langsung menyambut dengan pemberian warna hitam menyeluruh pada sisi interior Mobilio RS.
Ketika mencicinya di jalanan aspal pun tidak ada perbedaan apapun dari rasa berkendara yang pada Mobilio RS. Gejala limbung masih terasa pada Mobilio RS, walaupun masih dalam batas wajar untuk sebuah Low MPV.
Di sisi lain yang mengalami penambahan ialah tersedianya tweeter yang diletakan pada sisi depan untuk dasbor. Hasilnya kualitas suara musik yang diberikan Mobilio RS terasa lebih lengkap terdengar di telinga.
Oh ya, tipe RS yang kami uji mengunakan transmisi tanpa roda gigi alias CVT. Walaupun Honda juga menyediakan transmisi manual dengan 5 percepatan. Sedangkan untuk ruang dapur pacu, Honda mempercayakan mesin berkode L15A dengan kapasitas mesin 1.496c cc berteknologi i-VTEC. Tenaga yang mampu dikeluarkan pun mencapai 118 dk di 6.600 rpm dengan torsi 145 Nm/4.600 rpm.
Dengan harga Rp 214 juta, Mobilio RS cukup menarik untuk dimiliki. Apalagi bila menilik kompetitornya yang memiliki teknologi seimbang - Nissan Grand Livina Autech - yang mematok harga Rp 242,3 juta.
RIVAL |
Toyota Avanza Veloz Mesin : 1.498 cc 4-silinder, 104 dk 0-100 km/jam: N/A Harga : Rp 196,5 Juta + Harga, penggerak belakang, varian - Bantingan suspensi, handling, konsumsi BBM |
|
First Opinion Honda berusaha untuk tetap menjaga momentum penjualan Mobilio dengan merilis tipe RS. Beberapa ubahan yang dilakukan Honda telah mampu memenuhi konsep sporty. Kian menarik, harga yang ditawarkan masih dalam kategori pas untuk konsumen Mobilio yang ingin tampil beda.Sekilas Pandang - 500 unit Mobilio diproduksi setiap harinya di pabrik baru Honda Prospect Motor, Karawang - Terdapat varian S dengan transmisi manual dengan harga yang jauh lebih murah - Ada paket Cermat yang menawarkan lebih banyak fasilitas pelayanan. |
293/28-29(16-29Jul14)
0 komentar:
Posting Komentar