Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Minggu, 29 Juni 2014

RSS otomotifnet.com - Tips: Ingin Tahu, Berapa Beban Tangan Saat Memutar Setir Mobil?

/ On : 08.01/ Thank you for visiting my small blog here. If you wanted to discuss or have the question around this article, please contact me by e-mail.
RSS otomotifnet.com - Tips
RSS www.otomotifnet.com // via fulltextrssfeed.com 
Shop Tervis tumblers.

Create a one of a kind personalized gift. It's fun and easy to design!
From our sponsors
Ingin Tahu, Berapa Beban Tangan Saat Memutar Setir Mobil?
Jun 29th 2014, 00:00, by admin@otomotifnet.com

Power Steering

Sabtu, 28 Juni 2014 14:09 WIB

Penulis : OTO-RIO | Foto : dok.otomotif



Jakarta -  Pada tulisan sebelumnya sudah dijelaskan soal dua sistem power steering pada mobil dengan cara kerjanya. Nah, kali ini, OTOMOTIFNET melakukan pengukuran, seberapa besar beban tangan saat pertama kali setir diputar.
Kenapa hanya diukur saat pertama kali? Karena, saat mobil diam dan ban mulai bergerak lah kami anggap beban terbesar di tangan. Setelah berjalan, pasti terbantu oleh gerakan mobil dan gaya dorong.

Cara ukurnya, OTOMOTIFNET menggunakan timbangan digital yang biasa dipakai untuk mengukur koper dengan maksimal berat 30 kg. Seutas cable ties disambungkan ke batang setir bagian bawah ke timbangan, lalu timbangan ditarik sampai terlihat ban mulai bergerak. Nah, angka pada timbangan ketika ban mulai bergerak ini yang jadi hasilnya.

Hasilnya, sangat kentara kalau penggunaan ban sangat pengaruh ke beban tangan. Walau masing-masing memakai power steering elektrik, tapi dengan ban yang berbeda ukuran. Hasilnya sangat berpengaruh pada tangan.

Contoh pada Suzuki Karimun Wagon R yang hanya memakai ban berukuran 145/80R13. Tangan hanya butuh tenaga untuk mengangkat beban sekitar 0,23 kg. Beda jauh dengan All New Honda CR-V lansiran 2013 dengan ban berukuran 225/60R18, juga menggunakan sistem EPS. Tenaga yang dibutuhkan akan lebih berat, yaitu 1,06 kg.

Coba saja bayangkan, kalau misalnya seorang ibu rumah tangga yang menggunakan All New CR-V dengan beban setir pertama 1,06 kg. Sementara dalam sehari mesti keliling dari rumah lalu mengantar anak ke sekolah, lalu belanja ke supermarket dan balik lagi jemput anak di sekolah. Baru setelah itu pulang ke rumah. Artinya, ketika mobil dalam posisi diam dan parkir di 5 lokasi berbeda tersebut. Setidaknya butuh tenaga minimal 0,23 kg dikali 5 dan hasilnya adalah 5,3 kg.

Tapi ingat, ini baru beban pertama ya. Belum termasuk saat harus membelokkan setir di perjalanan atau kalau harus bolak-balik pindah posisi karena lokasi parkir susah dijangkau. Walau sepintas terlihat sepele, tapi lumayan nih buat olahraga tangan. Belum lagi ditambah gerakan kaki yang mesti menginjak pedal gas ataupun rem. Ternyata, menyetir juga membuat badan lebih sehat kan.

(mobil.otomotifnet.com)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 komentar:

Video Panduan GPS Tracker Bahasa Indonesia

Video Panduan GPS Navigasi SuperSpring