Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Sabtu, 28 Juni 2014

RSS otomotifnet.com - Tips: Dua Sistem Power Steering dengan Cara Kerjanya

/ On : 05.47/ Thank you for visiting my small blog here. If you wanted to discuss or have the question around this article, please contact me by e-mail.
RSS otomotifnet.com - Tips
RSS www.otomotifnet.com // via fulltextrssfeed.com 
8 Critical App Metrics

Learn How to Measure Success & Engagement For Your Mobile App
From our sponsors
Dua Sistem Power Steering dengan Cara Kerjanya
Jun 27th 2014, 22:47, by admin@otomotifnet.com

Power Steering

Jumat, 27 Juni 2014 18:03 WIB

Penulis : oto - Ipunk | Foto : dok.otomotif


Jakarta - Saat ini ada dua sistem power steering pada mobil-mobil di Indonesia. Yaitu power steering hidrolis dan Electric Power Steering (EPS).

"Power steering hidrolis menggunakan tekanan hidrolis dari pompa power steering. Pompa power steering digerakkan oleh crankshaft melalui drive belt," tegas Ade Nursaptari, Service Advisor Plaza Toyota cabang Green Garden, Jakbar .

Sistem kerjanya, minyak power steering ditarik dari reservoir ke pompa saat mesin hidup. Minyak ini ditekan oleh satu power steering switch dan control valve yang letaknya di dalam pompa power steering. Tekanan oli inilah yang membuat putaran setir menjadi ringan.

Sedangkan EPS merupakan teknologi power steering terbaru yang bekerja otomatis saat kontak mobil dalam posisi On. Arus listrik terkirim ke motor listrik power steering. "Saat mesin dihidupkan, noise suppressor mengirimkan perintah ke control module untuk menjalankan motor listrik dan clutch yang menghubungkan motor dengan batang setir," tegas Ade.

Otomatis bagian sensor di steering rack mengirimkan informasi kepada control module di saat setir mulai diputar. Setelah perintah pesan sampai ke control module, akan mengirimkan arus listrik sesuai kebutuhan motor listrik untuk melakukan putaran gigi kemudi, sehingga kemudi jadi ringan.

"EPS memiliki sistem vehicle speed sensor. Saat mobil berjalan pada kecepatan lebih dari 80 kpj, sensor kecepatan mengirimkan ke motor EPS. Sehingga setir terasa berat. Hal ini untuk menjaga kestabilan mobil di kecepatan tinggi," tegas pria ramah ini.

Sedangkan pada Honda sedikit berbeda. "EPS akan bekerja selaras dengan kecepatan mobil. Jadi, beban kendaraan ketika sudah bergerak akan lebih enteng daripada saat diam," ujar Arvi, panggilan akrab Yulian.  (mobil.otomotifnet.com)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 komentar:

Video Panduan GPS Tracker Bahasa Indonesia

Video Panduan GPS Navigasi SuperSpring